- Engine 2 tak
Sesuai dengan sebutannya, 2 tak sama dengan 2 langkah, dimana untuk mengahasilkan 1 kali usaha( tenaga ) piston melakukan 2 kali gerakan turun naik piston dari titik mati bawah (TMB ) ke titik mati atas (TMA) atau setara dengan 2 kali gerak rotari crank shaft ( poros engkol ).
Pada tipe ini, piston mempunyai fungsi ganda diantanya ; sebagai penerus tenaga dari hasil pembakaran di ruang bakar dan yang kedua sebagai pengganti katup yang bertugas membuka dan menutup saluran masuk dan saluran buang pada saat pra dan pasca proses pembakaran berlangsung.
Pada masa pertama piston bergerak naik dari TMB ke TMA akan mengakibatkan saluran masuk terbuka, pada saat bersamaan di bagian bawah piston terjadi kevakuman. Kevakuman ini mengakibatkan terjadinya pamasukan campuran bahan bakar dan udara ke ruang bawah piston, atau biasa disebut karter melalui saluran masuk tersebut hingga piston mencapai TMA.
Setelah mencapai TMA, piston akan kembali begerak ke TMB sebagai akibat dari putaran poros engkol.
Pada tipe ini, piston mempunyai fungsi ganda diantanya ; sebagai penerus tenaga dari hasil pembakaran di ruang bakar dan yang kedua sebagai pengganti katup yang bertugas membuka dan menutup saluran masuk dan saluran buang pada saat pra dan pasca proses pembakaran berlangsung.
Pada masa pertama piston bergerak naik dari TMB ke TMA akan mengakibatkan saluran masuk terbuka, pada saat bersamaan di bagian bawah piston terjadi kevakuman. Kevakuman ini mengakibatkan terjadinya pamasukan campuran bahan bakar dan udara ke ruang bawah piston, atau biasa disebut karter melalui saluran masuk tersebut hingga piston mencapai TMA.
Setelah mencapai TMA, piston akan kembali begerak ke TMB sebagai akibat dari putaran poros engkol.
2. Engine 4 tak